Rabu, 03 April 2013

Perbedaan Blackberry, iOS, Android dan Windows Phone

Setiap gadget menggunakan operating system (OS) atau sistem operasi agar dapat bekerja optimal dan memberi keunikan kepada pengguna gadget dengan beragam fitur yang ditawarkan. Pengembang OS berkompetensi dengan waktu dan pesaing mereka agar dapat merebut pasar pengguna gadget yang terus berkembang.
blackberry, ios, android dan windows phone
Pada awal abad ke-21 kita hanya mengenal Windows sebagai satu-satunya sistem operasi terpopuler untuk perangkat komputer. Saat ini kita mengenal setidaknya lima operating system terpopuler di dunia yang dibenamkan dalam perangkat komunikasi seluler, yaitu Blackberry, iPhone OS (iOS), Symbian, Android, dan Windows Phone. Mari kita bahas perbedaan Blackberry, iOS, Android dan Windows Phone.

Blackberry OS

Sistem operasi Blackberry dikembangkan oleh perusahaan RIM, Research in Motion, untuk ditanamkan pada semua jenis ponsel Blackberry (BB) produksi mereka. Blackberry OS hanya bisa dipakai pada smartphone Blackberry, tidak bisa untuk gadget lain. Blackberry OS bekerja secara multitasking dan dilengkapi fasilitas trackball, touchscreen, trackwheel, dan trackpad.
Fitur unggulan dari Blackberry OS adalah Blackberry Messenger (BBM) dan Push Mail. BBM adalah fitur komunikasi BlackBerry yang bekerja serupa dengan Yahoo Messenger (YM) dan Google Talk (GTalk). Sedangkan Push Email memudahkan pengguna gadget BB untuk membuka email secara mudah dan cepat dari smartphone mereka.

iPhone OS (iOS)

iOS dikembangkan oleh perusahaan Apple dan digunakan secara eksklusif pada gadget produksi Apple. Sama seperti sistem operasi Blackberry, iOS hanya bisa dipakai pada perangkat smartphone tertentu. Saat ini teknologi iOS mendukung performa perangkat mobile seperti iPad, Apple TV, dan iPod Touch. Versi terbaru operating system ini adalah iOS 6.
iOS mampu menjalankan perintah suara (Voice Commands), reading list, call filtering, call reply actions, dan video chatting dengan koneksi 3G maupun WiFi. Bagi Anda yang menyukai aktifitas berjejaring sosial, iOS mendukung integrasi akun Facebook dan Twitter Anda sehingga lebih mudah berbagi cerita menarik ke teman-teman dan relasi.

Android OS

Android Operating System dikembangkan oleh Google Inc. dan merupakan open source (platform terbuka) yang memungkinkan pengguna gadget Android menciptakan beragam aplikasi sesuai kebutuhan. Saat ini Android tumbuh sebagai OS yang paling banyak digunakan pada perangkat ponsel pintar (smartphone) di seluruh dunia. OS Android memiliki ribuan aplikasi dan jumlahnya terus bertambah.
Upgrade OS Android terus berjalan dengan versi terbaru Android 4.1. Versi OS Android memiliki nama-nama unik berdasarkan menu makanan, misalnya Android 1.5 Cupcake, Android 1.6 Donut, Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo), Android 2.3 GingerBread, Android 4.0 Ice Cream Sandwich, dan 4.1 Jelly Bean. Karena bersifat openSource, OS Android bisa diterapkan pada beragam gadget yang mendukung komunikasi mobile.

Windows Phone

Windows Phone pada awal kemunculannya bernama Pocket PC lalu berubah nama menjadi Windows Mobile (2003) dan Windows Phone (2010). Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft Corp. dan digunakan untuk perangkat mobile buatan mereka. Versi terbaru OS smartphone Microsoft ini adalah Windows Phone 7.5 dan mendukung fitur Photo Streaming melalui SkyDrive.
Sama seperti iOS, OS Windows Phone memiliki fitur content sharing, Facebook integration, dan Twitter integration. Windows Phone dikembangkan menurut Cloud Computing (komputasi awan) dengan sejumlah layanan menarik seperti SkyMarket, SkyLine, dan SkyBox. Cloud Computing dapat berjalan dengan optimal pada jaringan internet dengan kualitas andal.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PRIMBON JAVA

Petualangan

Petualangan
Curugan Teh